News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
Targetkan Raih Adipura Kencana Tahun Depan, Ini Pesan Bupati Arief pada Jajarannya

Targetkan Raih Adipura Kencana Tahun Depan, Ini Pesan Bupati Arief pada Jajarannya

Blora - Setelah berhasil memperoleh Penghargaan Anugerah Adipura kedua kalinya, untuk kategori Kota Kecil Terbersih yang diterima pada Selasa (05/03/2024) lalu, Bupati Blora H Arief Rohman, berharap agar di tahun mendatang capaian Blora bisa meningkat dan bisa meraih Anugerah Adipura Kencana.
 
Keinginan tersebut disampaikan Bupati saat menghadiri acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digelar di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Blora. Jumat (8/3/2024).
 
 
Bupati menyampaikan bahwa salah satu indikator yang menjadi perhatian dalam penilaian Adipura adalah terkait pengelolaan sampah.
 
“Seperti kita ketahui bahwa salah satu indikator penilaian Adipura ini terkait dengan sampah, kab/kota lain mungkin kotanya bersih, tapi ketika pengelolaan sampahnya belum baik,  akhirnya indikator penilaian Adipura ini belum terpenuhi," tutur Bupati.
 
Bupati mengaku, sampah yang tidak dikelola dengan baik, menjadi salah satu masalah serius yang mengancam kelestarian lingkungan hidup. Maka kemudian Bupati Arief menyampaikan sejumlah arahan kepada jajarannya khususnya terkait pengelolaan sampah.
 
“Saya berharap agar setiap sekolah di Kabupaten Blora wajib menjadi sekolah Adiwiyata. Kami juga minta setiap OPD juga  harus mempunyai Bank Sampah,” kata Bupati.
 
 
Kemudian, setiap desa atau kelurahan diharapkan wajib mempunyai minimal 1 Bank Sampah. Sehingga dengan adannya bank sampah di setiap desa atau kelurahan, maka beban dari TPA bisa akan berkurang, karena sudah terserap di tingkat desa atau elurahan.
 
Selain itu, adanya inovasi gerakan Sampan Emas (Simpan Sampah Jadi Emas) hasil kerja sama PT Pegadaian dengan Pemkab Blora dalam hal ini DLH, yang nantinya bisa disosialisasikan dan ditindaklanjuti hinga berbagai lapisan masyarakat hingga sekolah-sekolah. Sehingga diharapkan sampah ini bisa dikelola secara produktif.
 
“Mari bersama-sama melakukan gerakan nyata dalam mengelola sampah secara produktif, sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga, serta kesejahteraan masyarakat dapat terwujud secara merata,” tutur Bupati Arief.
 
Di samping adanya bank sampah dan berbagai inovasi lainnya, perlu juga dilakukan penataan TPA yang ada di Kabupaten Blora.
 
“Pak Ka dinas saya harapkan juga selain pengelolaan TPA yang  ada di Blora, tolong di Cepu  untuk ditata juga, kita coba usulkan karena beban sampah di Blora dan Cepu kedepan ini harus kita antisipasi termasuk kecamatan lain yang besar-besar, yang ada pasar,” tutur Bupati
 
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora Istandi Rusmanto, berharap agar penghargaan Adipura ini bisa diraih kembali di tahun mendatang dengan capaian yang meningkat yakni Adipura Kencana.
 
“Alhamdulillah berkat dukungan bapak ibu sekalian dan semuanya masyarkat Blora, Blora dapat Adipura sebanyak 2 kali selama kepemimpinan Bapak Bupati Arief Rohman,” tutur Istandi Rusmanto.
 
Pihaknya berharap di tahun depan Blora bisa meraih Adipura Kencana yang mana penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden. Tentunya komitmen serius Bupati Arief untuk mewujudkan kebersihan dan kelestarian lingkungan di Blora ini harus didukung segenap pihak.
 
“Itu merupakan tantangan buat kami, mudah-mudahan dengan kekompakan sesarengan kita untuk menjaga Blora menjadi bersih, semoga kedepan kita bisa memperoleh Adipura lagi,” tutur Istandi Rusmanto.
 
Istadi juga menuturkan bahwa untuk Kabupaten Blora berhasil memperoleh nilai IKLH yang membanggakan yakni peringkat kedua se Jawa Tengah.
 
“Nilai IKLH yang menjadi indeks kinerja utama Pak Bupati, ini Blora kemarin sudah dirilis kementerian dan mendapat nilai 71,6  jadi itu nomor dua se-Jawa Tengah dan itu luar biasa,” kata Istandi Rusmanto.
 
Melalui momentum HPSN ini, pihaknya juga berharap terjalin komitmen dan kolaborasi berbagai pihak untuk ikut peduli, sekaligus mewujudkan aksi nyata dalam menangani permasalahan sampah.
 
 
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan MoU antara Pemerintah Kabupaten Blora dengan PT Pegadaian. Bupati juga menyerahka Bangunan Gedung Bank Sampah secara simbolis, kepada Bank Sampah Asri Ngampel dan Bank Sampah Barokah Kedungringin.
 
Selanjutnya penghargaan Sekolah Adiwiyata, diberikan kepada Pelaksana terbaik 1 SDIT Permata Mulia, kemudian Pelaksana terbaik 2 SD N 1 Sendang, lalu Pelaksana terbaik 3 SMP N 1 Ngawen.
 
Penyerahan Sertifikat Penghargaan Desa/Kelurahan Mandiri Sampah tingkat Provinsi Jawa Tengah (Desa Ngampel dan Kelurahan Tambahrejo). Penyerahan penghargaan kepada pelaku usaha yang berperan aktif melakukan pengurangan sampah (PT SPP dan PT Pegadaian). (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo Spd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Iklan EMCL
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1714199177.2256 at start, 1714199177.4831 at end, 0.25755786895752 sec elapsed