News Ticker
  • Di Konsolidasi PAN Bojonegoro, Wahono: Dalam 2 Tahun Pemerintahan Persoalan Air Bersih Harus Selesai
  • PKB Bojonegoro Konsolidasi Pemenangan Bapaslon Setyo Wahono-Nurul Azizah di Pilkada 2024
  • Bertandang ke Jayapura, Persibo Bojonegoro Mampu Ungguli Persipura dengan Skor 2-1
  • DJP Jatim II Serahkan 2 Tersangka Tindak Pidana Pajak ke Kejaksaan Negeri Bojonegoro
  • Oknum Mantan Kades di Bojonegoro dan Seorang Rekannya Ditetapkan Tersangka Penggelapan Pajak
  • Hadiri Panen Raya Padi, Bacabup Bojonegoro Setyo Wahono Sampaikan Solusi Atasi Masalah Pertanian
  • Bupati Blora Apresiasi Sejumlah Desa di Pinggir Hutan yang Mampu Lunas PBB-P2 Tercepat
  • Atlet Panjat Tebing Jateng Asal Blora Raih Medali Emas di PON 2024
  • Kerap Dipanggil Kementerian, Bupati Arief Rohman Optimis Blora Mulai Diminati Investor
  • Seorang Pria di Trucuk, Bojonegoro Ditemukan Meninggal Akibat Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Pj Bupati Bojonegoro Laksanakan Panen Raya Cabai Berbasis Manajemen Kawasan di Kecamatan Gondang
  • Cuti Pilkada, Bupati Blora Arief Rohman akan Pulang ke Ponpes An-Nur, Seren
  • Tenaga Pendamping Profesional di Blora Diminta Ikut Sukseskan Target Pembangunan di Desannya
  • 3 Rumah Warga Kedungadem, Bojonegoro Terbakar, Satu Orang Alami Luka Bakar
  • Petani Sekitar Lapangan Minyak Banyu Urip di Bojonegoro Raup Untung Berlipat dari Panen Semangka
  • Partai Gerindra Targetkan Setyo Wahono-Nurul Azizah Menang 80 Persen di Pilkada Bojonegoro
  • Golkar Siap Gerakkan Kader hingga Akar Rumput untuk Menangkan Wahono-Nurul di Pilkada Bojonegoro
  • Relawan Santri Nderek Kiai se Bojonegoro Ikrar Menangkan Setyo Wahono-Nurul Azizah di Pilkada 2024
  • Kebakaran Oven Tembakau di Sukosewu, Bojonegoro, 8 Ton Daun Tembakau Ludes Terbakar
  • Bupati Arief Apresiasi Gelaran Lomba MAPSI 2024 Tingkat SD Se-Kabupaten Blora
  • Ditinggal Nonton Pagelaran Wayang Kulit, Rumah Warga Malo, Bojonegoro Terbakar
  • Pemilik Kafe di Bojonegoro Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Tindak Pidana Penganiayaan
  • Pelajar di Blora Sulap Limbah Ban Jadi Tas Fashion Unik dan Bernilai Ekonomi
  • Masyarakat Blora Senang, Bupati Arief Realisasikan Pembangunan Ruas Jalan Mojorembun-Gondel
Bupati Blora Pesan 31 Peserta Uji Kompetensi Bisa Maksimal Ikuti Asesmen CAT

Bupati Blora Pesan 31 Peserta Uji Kompetensi Bisa Maksimal Ikuti Asesmen CAT

Blora-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora mengadakan uji kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di ruang penilaian Kompetensi (Assessment Center) di Gedung TNCC Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta. Senin (08/01/2024).
 
Asesmen eselon II sudah dimulai beberapa waktu yang lalu dan untuk dua hari kedepan (hari ini dan besok) dilakukan Tes CAT dan beberapa tes yang diselenggarakan oleh Mabes Polri.
 
 
Bupati Blora H Arief Rohman SIP MSi menyampaikan apresiasi, penghargaan dan terimakasih kepada jajaran Asesmen Center Mabes Polri yang mendukung asesmen para pejabat di lingkup Pemkab Blora.
 
“Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polri, terutama kepada Karobinkar dan jajaran yang bersinergi dengan Pemkab Blora untuk bersama-sama memberikan pengabdian terbaik kepada negara,” kata Bupati, Senin (08/01/2024)
 
Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blora dan seluruh panitia seleksi yang yang terlibat dalam kegiatan ini.
 
 
Menurutnya, di lingkungan pemerintahan, tugas ASN yang sesungguhnya adalah mencetak kebijakan publik yang unggul dan melayani warganya dengan baik. Dimana paradigma penyelenggaraannya pada era reformasi dan otonomi daerah perlu disikapi ASN dengan memiliki kompetensi memadai dan sesuai dengan tuntutan tugas.
 
"Kompetensi harus dimiliki karena tuntutan tugas pokok, fungsi, kewenangan dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan sebagai bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan pemerintahan yang baik (Good Governance)," tuturnya.
 
Selain itu, kompetensi juga harus dimiliki oleh ASN dalam mengimbangi perubahan lingkungan strategis yang berubah cepat, baik itu lingkungan internal organisasi, maupun eksternal organisasi, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan era globalisasi.
 
"Pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama secara terbuka ini, selain melindungi ASN dari intervensi politik, perlakuan diskriminatif ataupun primordialisme birokrasi seperti senioritas, juga berfungsi untuk membangun optimisme ASN terhadap masa depan karirnya secara jelas," kata Bupati.
 
"Saya berharap agar hasil uji kompetensi ini dapat digunakan sebagai dasar dalam pengangkatan dan penempatan pejabat pimpinan tinggi pratama yang sesuai dengan kompetensi jabatan yang diperlukan," tuturnya.
 
Mas Arief sapaan akrab Bupati percaya, dengan pemetaan kompetensi yang dimiliki, ke depan aparatur pemerintah Kabupaten Blora akan mampu memberikan warna dan mendorong terciptanya kesuksesan pelaksanaan berbagai program pemerintahan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
"Saya meminta kepada para peserta agar terus meningkatkan kemampuan teknis dan spesialisasi yang dimiliki, kemampuan kompetensi manajerial dalam memimpin organisasi serta meningkatkan kompetensi sosiokultural yang berkaitan dengan etika dan moral," ujarnya.
 
"Selamat berjuang! Ikutilah seleksi ini dengan mengerahkan kemampuan secara optimal, karena seleksi ini adalah strategi dalam rangka mendapatkan pejabat yang sesuai dengan kompetensi dan mampu melaksanakan tupoksinya, sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat," kata Bupati.
 
 
Kabagpenkompeten Robinkar SSDM Polri, Kombes Pol Eka Satria Bhakti SIK mengucapkan banyak terimakasih yang telah memberikan kepercayaan kepada polri untuk ikut mencetak SDM di Blora yang berkompeten.
 
"Dengan diadakannya uji kompetensi ini diharapkan bisa membantu pemkab Blora menghasilkan SDM yang profesional dan unggul," kata Kombes Pol Eka Satria Bhakti.
 
Kabagpenkompeten menambhakan, dalam Assessment ini, nantinya peserta akan mengikuti sejumlah tes baik CAT, wawancara dan sejumlah tes tes lainnya.
 
"Kami harap para peserta bisa mengikuti dengan baik, mengeluarkan seluruh kemampun terbaiknya untuk hasil yang baik," kata Kombes Pol Eka Satria Bhakti.
 
 
Sebagai informasi asesmen center Polri sudah mulai semenjak 2012 mengadakan kerjasama dengan pemerintah provinsi/kabupaten/kota dalam menseleksi pemimpin-pemimpin di daerah dan asesor untuk penilaian kompetensi pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Blora berasal dari Polda Jateng dan Mabes Polri.
 
Asesmen center Polri ini juga sudah terakreditasi "A" dari BKN sehingga seluruhnya sudah layak untuk melakukan Asesmen sesuai ketentuan. (teg/imm)
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Bulan Muharam, Sejarah Awal Tahun Baru Islam

Bulan Muharam, Sejarah Awal Tahun Baru Islam

Tanggal 07 Juli 2024, merupakan hari yang cukup istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, karena hari itu bertepatan dengan ...

Wisata

Masuk 50 Besar ADWI, Desa Wisata Bangowan, Blora Siapkan Diri Hadapi Visitasi

Masuk 50 Besar ADWI, Desa Wisata Bangowan, Blora Siapkan Diri Hadapi Visitasi

Blora Setelah dinyatakan masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, Desa Wisata Bangowan, Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, ...

1726930333.274 at start, 1726930333.5174 at end, 0.24344420433044 sec elapsed