News Ticker
  • Resmi Dibuka, Turnamen Sepak Bola Piala Bupati Blora U-15 Diikuti 17 Tim
  • Bupati dan Forkopimda Blora Sambut Kedatangan Wakapolri
  • Kolaborasi Strategis Antara SKK Migas, KKKS, dan Media Kunci Keberhasilan Operasi Hulu Migas  
  • Peran Media dalam Mendorong Kemajuan Industri Hulu Migas dapat Apresiasi dari SKK Migas
  • Baznas Blora Gelontorkan Beasiswa Senilai Rp 290 Juta ke Sejumlah Mahasiswa
  • UNDIP Semarang Siap Tindaklanjuti Kerja Sama dengan Pemkab Blora
  • Upaya Entaskan Kemiskinan di Blora, Bupati Arief Gandeng BPS untuk Beri Masukan
  • Mayat Warga Purwosari, Bojonegoro Ditemukan di Rumahnya, Diduga Meninggal Sejak Sebulan Lalu
  • Diduga Akibat Korsleting Listrik, 3 Rumah Warga Kedungadem, Bojonegoro Hangus Terbakar
  • Tingkatkan Literasi Keuangan, OJK Berikan Edukasi pada Pelajar dan Santri di Blora
  • Forkopimda Blora Gelar Apel Patroli Keamanan Sekolah dan Launching Jawa Tengah Zero Bullying
  • Penerimaan Cukai Hasil Tembakau di Bojonegoro Tahun 2024 Ditargetkan Meningkat
  • Ratusan Siswa Usia Dini di Blora Ikuti Penjaringan Bakat Cabor Angkat Besi dari Kemenpora
  • KPPN Bojonegoro Sampaikan Capaian Kinerja APBN Semester Satu 2024
  • Kemenpora RI Lakukan Identifikasi Bakat Cabang Olahraga Angkat Besi di Kabupaten Blora
  • Hingga Juli 2024, Kejaksaan Negeri Bojonegoro Tangani 3 Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi
  • Kejaksaan Negeri Bojonegoro Sampaikan Laporan Kinerja Januari hingga Juli 2024
  • Kecelakaan di Balen, Bojonegoro, Seorang Pembonceng Motor Meninggal Dunia
  • Pasangan Arief Rohman-Sri Setyorini Resmi Kantongi Rekom dari PSI pada Pilkada Blora 2024
  • Parade Reog dan Jaranan Awali Pembukaan Bojonegoro Thengul International Folklore Festival
  • Bojonegoro Thengul International Folklore Festival Dihadiri Perwakilan 8 Negara Asing
  • Bojonegoro Gelar Thengul International Folklore Festival
  • Hendak Potong Pohon, Warga Balen, Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik
  • Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Gondang, Bojonegoro Terbakar, Kerugian Capai Rp 250 Juta
Indeks SPBE Meningkat Signifikan, Bupati Blora Diundang ke Istana Negara

Indeks SPBE Meningkat Signifikan, Bupati Blora Diundang ke Istana Negara

 
Jakarta - Bupati Blora, H Arief Rohman, pada Senin siang (27/5/2024) diundang ke Istana Negara. Untuk mengikuti acara SPBE Summit 2024 yang dirankai dengan penyerahan penghargaan Digital Government Award 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia (INA Digital-Indonesia Terintegrasi).
 
Undangan tersebut diterima Bupati lantaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dinilai berhasil menggerakkan peningkatan indeks pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara signifikan.
 
 
Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju, hingga Kapolri, Panglima TNI, dan Jaksa Agung RI.
 
Bupati H Arief Rohman hadir dengan mengenakan pakaian batik lengan panjang nuansa hijau, berpeci dan duduk sejajar dengan para bupati dan wali kota lainnya yang masuk daerah pelaksana SPBE terbaik di ruang tengah Istana Negara.
 
 

Presiden Joko Widodo, saat beri sambutan dalam acara SPBE Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia di Istana Negara. Senin (27/5/2024) (Aset: Istimewa)

 
Presiden Jokowi, dalam arahannya mengapresiasi banyaknya peningkatan pelaksanaan SPBE baik di lembaga, kementerian, hingga pemerintah daerah. Pada kesempatan terebut, Presiden menekankan agar SPBE yang dilaksanakan ini bukan justru mempersulit masyarakat.
 
"Bahwa kehadiran birokrasi pemerintahan harusnya melayani. Bukan justru mempersulit, dan bukan memperlambat. Yang menjadi tolok ukur adalah kepuasan masyarakat, manfaat yang diterima masyarakat, dan kemudahan urusan masyarakat," ucap Presiden Jokowi.
 
 
Oleh sebab itu, Presiden menekankan agar dilakukan penyederhanaan birokrasi, sehingga seluruh layanan dapat terintegrasi, tidak tumpang tindih.
 
"Satu data untuk semua, jangan bilang data ini milik lembaga ini. Data itu milik lembaga sana. Buang jauh ego sektoral. Jangan ada lagi aplikasi aplikasi yang membingungkan, semuanya harus diintegrasikan jadi satu. ” kata Presiden Jokowi
 
Presiden mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini ada lebih dari 27 ribu aplikasi, bahkan ada satu Kementerian yang punya 400 aplikasi.
 
“Ruwet, bahkan ada yang saling tumpang tindih. Harus diselaraskan. Diintegrasikan, sehingga bisa meningkatkan daya saing nasional," tutur Presiden.
 
 

Bupati Blora, H Arief Rohman, saat terima penghargaan Digital Government Award 2024 di Istana Negara. Senin (27/5/2024) (Aset: Istimewa)

 
Dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Digital Government Award 2024. Yang mana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi Provinsi dengan indeks pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terbaik nasional.
 
Bupati Arief Rohman, usai penyerahan penghargaan Digital Government Award 2024 mengucapkan selamat dan sukses untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang hari ini meraih penghargaan Digital Government Award 2024 dari Kementerian PAN RB, dan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.
 
“Kami turut mendampingi Pak Pj Gubernur Nana Sudjana dan siap terus mendukung peningkatan pelaksanaan SPBE di tingkat daerah. Semoga Jawa Tengah semakin maju dalam pelayanan digitalisasi pemerintahan," ucap Bupati Arief.
 
 
Arief menambahkan bahwa Pemkab Blora terpilih menjadi salah satu Kabupaten terbaik yang indeks SPBE nya meningkat signifikan dari 416 Kabupaten se Indonesia. Di mana pada tahun 2022 lalu, indeks SPBE Blora masih 2,06, dan pada tahun 2023 kemarin naik signifikan menjadi 3,27 atau naik sebesar 1,21.
 
"Semoga capaian ini terus menginspirasi jajaran birokrasi Pemerintahan, khususnya di Kabupaten Blora. Agar ke depan bisa terus menyempurnakan dan meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan berbasis digital. Ayo Sesarengan mBangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kabupaten Blora yang lebih baik. Blora Pasti Bisa!" ," ujar Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini.
 
 
Bupati Arief menegaskan bahwa Pemkab Blora berkomitmen untuk terus meningkatkan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang mudah, cepat, murah dan terintegrasi.
 
"Kami juga mengucapkan selamat atas diluncurkannya GovTech Indonesia yang dinamakan INA Digital-Indonesia Terintegrasi," kata Bupati.
 
Sekadar diketahui, ada 22 Kabupaten di Jawa Tengah yang terpilih menjadi bagian dari 58 Kabupaten terbaik pelaksana SPBE 2024 se Indonesia. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak, dibandingkan Provinsi lain. (teg/imm)
 
 
Reporter: Priyo SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Bulan Muharam, Sejarah Awal Tahun Baru Islam

Bulan Muharam, Sejarah Awal Tahun Baru Islam

Tanggal 07 Juli 2024, merupakan hari yang cukup istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, karena hari itu bertepatan dengan ...

Wisata

Masuk 50 Besar ADWI, Desa Wisata Bangowan, Blora Siapkan Diri Hadapi Visitasi

Masuk 50 Besar ADWI, Desa Wisata Bangowan, Blora Siapkan Diri Hadapi Visitasi

Blora Setelah dinyatakan masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, Desa Wisata Bangowan, Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, ...

1722065814.2239 at start, 1722065816.1175 at end, 1.8935990333557 sec elapsed