News Ticker
  • Warga Kalitidu, Bojonegoro Dilaporkan Hilang, Diduga Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
EMCL Raih Penghargaan CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2022

EMCL Raih Penghargaan CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2022

Jakarta - Keberhasilan pelaksanaan Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) mendorong Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDDT) memberikan penghargaan kategori “Gold” dalam Corporate Social Responsibility (CSR) & Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2022.
 
Penghargaan tersebut diberikan untuk Program Revitalisasi Pasar Gayam dan Program Peningkatan Akses Air Bersih Berbasis Partisipasi Masyarakat.
 
 
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Halim Iskandar, di JS Luswana Hotel Convention Center, Jakarta. Kamis (23/06/2022).
 
Terdapat  64 perusahaan yang mengikuti penilaian ini. Para juri terdiri dari praktisi, akademisi, dan perwakilan kementerian. Mereka melakukan observasi lapangan sejak Maret 2022. Mereka melihat program dari aspek perencanaan program, pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi program, serta dampak dan keberlanjutan program.
 
 

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin saat beri sambutan dalam acara CSR & PDB Awards 2022, di JS Luswana Hotel Convention Center, Jakarta. Kamis (23/06/2022). (foto: dok istimewa)

 
Hasilnya, Program Revitalisasi Pasar Gayam, kabupaten Bojonegoro dan Program Peningkatan Akses Air Bersih Berbasis Partisipasi Masyarakat di Desa Ngimbang dan Desa Sawahan, Kabupaten Tuban telah memberikan dampak berkelanjutan bagi peningkatan ekonomi Masyarakat.
 
Program Revitalisasi Pasar Gayam dimulai sejak 2018. Dimulai dari  rehabilitasi bangunan pasar desa difokuskan pada pembangunan 75 kios, 130 lapak pedagang, toilet, tempat pembuangan sampah, drainase hingga kantor pengelola pasar. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas pengelola pasar, pengadaan fasilitas pendukung serta legalitas pengelolaannya. Saat ini, pasar Desa Gayam menjadi salah satu unit dari BUMDesa Gayam Mandiri.
 
“Pendapatan pedagang sebelum revitalisasi hanya pada saat hari pasaran. Rata-rata sekitar Rp1,2 - Rp1,5 juta. Setelah revitalisasi, meningkat menjadi 2,5 sampai 3 juta rupia,” ucap Aris, Ketua Unit Pasar Desa Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
 
Pasar tersebut juga berhasil menambah pemasukan desa hingga Rp 105,1 juta per tahun. Jumlah tersebut bersumber dari sewa kios dan retribusi. Selama beroperasi, perputaran uang menembus Rp 41 juta dalam setiap kegiatan pasarannya.
 
 

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Halim Iskandar, saat beri sambutan dalam acara CSR & PDB Awards 2022, di Jakarta. Kamis (23/06/2022). (foto: dok istimewa)

 
Sedangkan Program peningkatan akses air bersih berbasis partisipasi masyarakat di Desa Ngimbang dan Sawahan dimulai sejak 2012.  Masyarakat mengalami kendalam akses air bersih.
 
“Sebelum ada program, masyarakat menggunakan air sungai untuk aktifitas sehari-hari. Jaraknya juga sangat jauh,” tutur Yayik Ahmad, Kepala Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.
 
Program ini ini berfokus pada pencarian dan pengeboran sumber air serta pembangunan fasilitas pendukung seperti tandon air, jaringan perpipaan dan sambungan rumah, konservasi sumber air serta pengelolaan fasilitas air bersih melalui pembentukan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM).
 
Hingga saat ini, sekitar 1.350 keluarga mendapatkan manfaatnya. Fasilitas air bersih juga telah dikelola secara mandiri oleh masyarakat melalui HIPPAM. Bahkan memberikan kontribusi pada pendapatan asli desa (PADes) sebesar Rp 25 juta hingga Rp 35 juta setiap tahunnya.
 
“Kami juga dapat menyisihkan pendapatan dari pengelolaan air bersih ini untuk santunan yatim piatu yang ada di desa kami,” imbuh Kades Ngimbang Yayik Ahmad.
 
 
External Affairs Manager EMCL Ichwan Arifin menjelaskan bahwa Program Peningkatan Akses Air Bersih Berbasis Partisipasi Masyarakat merupakan Program Pengembangan Masyarakat EMCL pada sektor kesehatan. Sejak 2008 hingga saat ini, EMCL telah membangun 35 tower air, 10,5 kilometer jaringan perpipaan yang memberikan manfaat lebih dari 39 ribu masyarakat di Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora.
 
“Kami berharap, dukungan EMCL dan SKK Migas kepada masyarakat sekitar wilayah operasi Lapangan Minyak Banyu Urip dan Kedung Keris, memberikan manfaat positif dan berkelanjutan,” kata Ichwan Arifin. (*/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
 
Iklan EMCL
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1714471021.5916 at start, 1714471021.9608 at end, 0.36922597885132 sec elapsed