News Ticker
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
  • Pemkab Blora dan Perhutani Sepakat Tandatagani Kerja Sama Penanggulangan Bencana
  • Tekan Inflasi Jelang Lebaran, PT Blora Patra Gas Gelar Pasar Sembako Murah
  • Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Gayam, Bojonegoro Hangus Terbakar, Kerugian Rp 250 Juta
Instalasi Pengolahan Air Waduk Gongseng di Bojonegoro Mampu Mencukupi 25 Ribu Pelanggan Baru

Instalasi Pengolahan Air Waduk Gongseng di Bojonegoro Mampu Mencukupi 25 Ribu Pelanggan Baru

Bojonegoro - Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang air bakunya berasal dari Waduk Gongseng yang berlokasi di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur saat ini memasuki tahap pembangunan Water Treatment Plant (WTP), Jaringan Distribusi Utama (JDU), dan Jaringan Distribusi Pembagi (JDP).
 
Setelah itu, dilanjutkan dengan pemasangan sambungan distribusi air ke masyarakat (pelanggan) atau sambungan rumah (SR).
 
 
Sementara, untuk pembangunan intake dan pipa transmisi air baku dari Waduk Gongseng ke Water Treatment Plant (WTP) yang pekerjaannya dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo saat ini telah selesai dan masuk tahap pemeliharaan.
 
Nantinya, Instalasi Pengolahan Air (IPA) Waduk Gongseng ini diproyeksikan dapat mencukupi 25 ribu sambungan rumah (SR) di lima kecamatan, yaitu Temayang, Sukosewu, Sugihwaras, Kedungadem, dan Kecamatan Kepohbaru.
 
 
 

Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Buana, Kabupaten Bojonegoro, Khairul Anwar saat beri keterangan. Senin (29/01/2023) (Aset: Imam Nurcahyo/BeritaBojonegoro.com)

 
Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang kini menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Buana, Kabupaten Bojonegoro Khairul Anwar ditemui di kantornya Senin (29/01/2023) menjelaskan bahwa untuk pembangunan intake dan pipa transmisi air baku dari Waduk Gongseng ke Water Treatment Plant (WTP) tanggung jawabnya ada di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.
 
Menurutnya, sejauh ini pekerjaan dari kontraktor pelaksana pemasangan pipa intake dan pipa transmisi air baku dari Waduk Gongseng, tidak ada masalah.
 
“Kalau penetapan berapa persen kita kurang tahu, cuma yang jelas sampai dengan saat ini pipa sudah tertanam semua. Progresnya secara fisik tuntas sampai dengan jaringan Water Treatment Plant (WTP), cuma progres berapa persennya kita belum memahami,” kata Khairul Anwar. Senin (29/01/2023)
 
 
Khairul Anwar menyampaikan bahwa mulai awal tahun 2024 ini pekerjaan sudah bergeser ke pembangunan WTP dan jaringan pendampingnya.
 
“Itu sudah dari APBD (Bojonegoro). Nanti dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PKPCK) Kabupaten Bojonegoro yang merencanakan.” kata Khairul Anwar.
 
Khairul Anwar menambahkan bahwa pembangunan intake dan pipa transmisi air baku Bendungan Gongseng di bangun dari Waduk Gongseng ke WTP Jono, Kecamatan Temayang dan WTP Wedoro, Kecamatan Sugihwaras.
 
Nantinya, WTP Jono diperuntukkan bagi pelanggan di Kecamatan Temayang dan Sukosewu. Sedangkan WPT Wedoro diperuntukkan bagi pelanggan di Kecamatan Sugihwaras, Kedungadem, dan direncanakan tambahan Kecamatan Kepohbaru.
 
“Direncanakan untuk lima kecamatan. Kalau dari 300 liter per detik, nanti sekitar 25 ribu sambungan rumah (SR) di lima kecamatan. Tapi untuk pelaksanaannya insha Allah sampai tahun 2026. Tidak dalam satu tahun tapi dibagi dalam tiga tahun.” kata Khairul Anwar
 
 
Khairul Anwar juga menyampaikan bahwa biaya sambungan bagi 25 ribu sambungan rumah (SR) atau pelanggan baru tersebut nantinya pembiayaannya akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (PKPCK).
 
“Jadi pembiayaan dari BBWS Bengawan Solo itu dari intake ke WTP. Untuk WTP sampai SR itu daerah (Pemkab Bojonegoro). Untuk 25 ribu SR dan WTP itu anggaran sekitar Rp 300 miliar. Jadi masyarakat yang menerima sambungan ini semua sudah tidak ada biaya atau gratis. Sudah dibiayai semua dari APBD,” kata Khairul Anwar.
 
 
Hal senada juga disampaikan Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Air Tanah dan Air Baku ( ATAB) BBWS Bengawan Solo, Nely Mulyaningsih menyampaikan bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh BBWS Bengawan Solo yaitu pekerjaan pembangunan intake dan pembangunan jaringan transmisi air baku dari Bendungan Gongseng.
 
“Pekerjaan tersebut sudah selesai dan saat ini sedang tahap atau masa pemeliharaan.” kata Nely Mulyaningsih.
 
Sementara terkait pekerjaan jaringan distribusi utama (JDU) dan jaringan distribusi pembagi (JDP) bukan merupakan jenis pekerjaan yang menjadi wewenang BBWS Bengawan Solo.
 
“Merupakan pekerjaan unit distribusi yang merupakan kewenangan pemerintah daerah,” kata BBWS Bengawan Solo.
 
 
Sekadar diketahui, Bendungan Gongseng ini menghasilkan air baku dengan debit 300 liter per detik dan memiliki potensi untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,7 mega watt.
 
Bendungan Gongseng ini memiliki kapasitas penampungan air total sebanyak 22,43 juta meter kubik, dengan tampungan efektif sebesar 14,75 juta meter kubik, dan bisa mengairi keperluan irigasi seluas 6.191 hektare.
 
Bendungan ini nantinya akan memberikan layanan daerah irigasi Waduk Pacal untuk enam kecamatan, yaitu Kecamatan Sukosewu, Kanor, Balen, Kepohbaru, Baureno dan daerah irigasi baru di tiga kecamatan yaitu Sugihwaras, Temayang, dan Kedungadem, dengan total lahan seluas 6.191 hektare.
 
Selain itu, bendungan ini juga berfungsi sebagai reduksi banjir hingga 133,27 meter kubik per detik. (red/imm)
 
 
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Iklan EMCL
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1714235145.0978 at start, 1714235145.6138 at end, 0.51594495773315 sec elapsed