News Ticker
  • Warga Kalitidu, Bojonegoro Dilaporkan Hilang, Diduga Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Kecelakaan Beruntun di Padangan, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Genap Berusia 74 Tahun, RSUD dr Soetijono Blora Kini Miliki 6 Inovasi Layanan Kesehatan 
  • Tinggal Sebatang Kara, Seorang Nenek di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Rumahnya
  • Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Meninggal
  • Buka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
  • Seorang Penambang Pasir Tradisional di Bojonegoro Dilaporkan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo
  • Tabrakan Motor dengan Truk Boks di Baureno, Bojonegoro, Seorang Pemotor Meninggal Dunia
  • Tim Satgas Saber Sampah DLH Blora Masifkan Gerakan Bersih Sampah
  • Tabrak Tiang Lampu PJU, Pemotor di Gayam, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Hadiri Halal Bilahal di Korwil Jepon, Bupati Blora Minta Guru Ikut Atasi Anak Tidak Sekolah
  • Pembangunan Jalan Randublatung-Getas, Blora Bakal Dilanjutkan
  • Jalur Randublatung-Getas, Blora Jadi Alternatif Pemudik
  • Sejumlah Tokoh Lintas Agama Ikut Berlebaran di Blora
  • Pertama Kali Digelar, Festival Thekthek di Blora Berlangsung Meriah
  • Lepas Mudik Gratis dari TMII, Bupati Blora Disambut Hangat Warga Perantau
  • Terjatuh dari Jembatan, Petani di Gondang, Bojonegoro Meninggal Dunia
  • Bupati Dorong Baznas Blora Berinovasi untuk Optimalkan Perolehan Zakat
  • Kirim Proposal ke Kemenpora, Bupati Blora Minta Bantuan Pembangunan Stadion
  • Ratusan Petugas Gabungan Siap Amankan Lebaran di Blora
  • Bupati Arief Rohman Usulkan Blora Jadi Kawasan Industri Jateng
  • Datangi Kementerian Perdagangan, Bupati Blora Dorong Percepatan Pembangunan Pasar Ngawen
  • Puluhan Orang Korban Arisan Bodong di Bojonegoro Laporkan Owner ke Polisi
Minat Makan Ikan Masyarakat Rendah, Pemkab Blora Gelar Lomba Masak Ikan

Minat Makan Ikan Masyarakat Rendah, Pemkab Blora Gelar Lomba Masak Ikan

Blora - Pemerintah Kabupaten Blora menggelar lomba masak ikan hari ini, Selasa (27/06/2023) di Pendapa Pemkab. Lomba ini digelar untuk mendorong konsumsi ikan masyarakat melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), yaitu program untuk meningkatkan konsumsi ikan serta menggeliatkan sektor perikanan daerah.

Dengan tema "Masak Ikan Ragam Menu Masakan Ikan Cegah Stunting Menuju Masyarakat yang Cerdas, Sehat, dan Kuat," diharapkan dapat menciptakan menu olahan baru berbahan ikan yang disukai oleh anak-anak.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, menjelaskan bahwa pemerintah kabupaten terus mendorong peningkatan konsumsi ikan di kalangan masyarakat dengan cara yang kreatif. Ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. Semoga semua pihak yang hadir berkomitmen dan siap menanggulangi permasalahan kesehatan dengan terus menggalakkan konsumsi ikan di Kabupaten Blora," jelas Bupati Arief Rohman.

Menurut Bupati, dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing, dan berkarakter, pembangunan dan pembinaan fisik dan mental harus dimulai dari keluarga.

"Pemberian nutrisi dan gizi yang baik pada anak harus dimulai sejak usia dini, terutama saat dalam kandungan hingga usia balita, di mana perkembangan fisik dan mental anak sangat pesat," tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati, pemerintah mengajak masyarakat untuk memberikan perhatian pada asupan gizi selama 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yang terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pertama kehidupan. Periode ini dianggap sebagai periode emas yang tidak dapat diulang.

"Asupan gizi yang baik tentu juga akan mengurangi risiko stunting. Selain itu, dengan cukup mengonsumsi ikan, gizi anak dapat terpenuhi sehingga mereka dapat hidup sehat, produktif, dan memiliki risiko rendah terhadap penyakit," imbuhnya.

Bupati menjelaskan bahwa ikan menjadi salah satu makanan bernutrisi yang mudah dan murah didapatkan oleh masyarakat. Ikan merupakan bahan pangan bergizi tinggi yang aman dikonsumsi oleh semua usia dan dalam jumlah berapa pun.

"Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat penting untuk kecerdasan otak dan mencegah penyakit degeneratif," ucapnya.

Arief Rohman menyebutkan bahwa angka konsumsi ikan di Kabupaten Blora masih cukup rendah jika dibandingkan dengan angka konsumsi ikan di tingkat provinsi dan nasional. Untuk itu, melalui kegiatan lomba ini diharapkan dapat meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) Kabupaten Blora.

"Pada tahun 2022, angka konsumsi ikan di Kabupaten Blora hanya sebesar 21,77 kg/kapita/tahun. Angka ini masih jauh jika dibandingkan dengan AKI Provinsi Jawa Tengah yang mencapai 38,18 kg/kapita/tahun, dan AKI nasional yang mencapai 59,53 kg/kapita/tahun. Oleh karena itu, konsumsi ikan di Blora perlu terus ditingkatkan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora, Gundala Wijasena, dalam laporannya menyebutkan bahwa lomba masak ikan ini dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari kampanye gerakan makan ikan untuk masyarakat.

Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), diharapkan tercipta kesadaran gizi baik pada individu maupun secara kolektif dalam masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal, dengan melibatkan seluruh elemen bangsa.

"Melalui kesempatan Lomba Masak Ikan ini, semoga tercipta kreasi-kreasi masakan berbahan ikan yang menarik, mudah dalam pengolahannya, dan bergizi tinggi," kata Gundala.

Dalam lomba ini, terdapat 21 kelompok yang terdiri dari penggerak PKK di 16 kecamatan, serta 5 organisasi wanita lainnya. Juara pertama diraih oleh Kecamatan Blora dengan nilai 718, juara kedua oleh Kecamatan Cepu dengan nilai 705,5, dan juara ketiga oleh Kecamatan Bogorejo dengan nilai 689,5.

Selain itu, terdapat juga juara harapan, di mana juara harapan pertama diraih oleh Kecamatan Ngawen dengan nilai 685, juara harapan kedua oleh Kecamatan Randublatung dengan nilai 672, dan juara harapan ketiga oleh Kecamatan Kedungtuban dengan nilai 667,5. Pada kesempatan tersebut, Persit Kodim 0721/Blora juga meraih gelar juara favorit.(teg/toh)

Reporter: Priyo, S Pd

Editor: Mohamad Tohir

Iklan EMCL
Berita Terkait

Videotorial

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Masyarakat di Bojonegoro Rasakan Manfaat Pemasangan Lampu PJU

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PKPCK) secara bertahap menambah jumlah lampu penerangan jalan ...

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Opini

Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

Perangkat Desa, adalah unsur penyelenggara pemerintahan desa yang bertugas membantu kepala desa atau yang disebut dengan nama lain dalam melaksanakan ...

Wisata

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Menengok Wisata Petik Buah Semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Blora Budi daya buah semangka di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, memasuki masa panen. Momen tersebut dikemas oleh pemerintah ...

1714674060.3213 at start, 1714674060.5452 at end, 0.22390413284302 sec elapsed